Maret 24, 2016

Cerita Akhir Dari Boku Dake Ga Inai Machi

Sekitar 1 minggu lagi anime musim dingin bakalan pada selesai dan digantikan dengan anime musim semi yang pastinya gak kalah seru dengan musim dingin. Gimana? Udah pada pilih anime apa yang bakalan kalian ikutin di musim semi ini?

Ngomongin tentang berakhirnya anime musim dingin, pasti yang kalian bayangkan adalah best winter anime. Yap, anime terbaik musim dingin. Dan kalau ngomongin yang terbaik, pasti yang ada dipikiran kalian salah satunya adalah Boku Dake Ga Inai Machi, yang dari minggu pertamanya sampe minggu terakhir selalu nangkring di posisi 1 (tapi minggu keberapa aku lupa, BDGIM sempet disalip sama Konosuba)

Dan sekarang aku mau kasih pendapat aku tentang berakhirnya anime fenomenal BDGIM.

BAGI YANG BELUM MENONTON EPISODE TERAKHIR DARI ANIME INI SEBAIKNYA JANGAN SCROLL LAGI. KARENA DIBAWAH INI MENGANDUNG BANYAK SEKALI SPOILER!!

Seperti yang aku bilang sebelumnya saat bikin Review Winter Anime, aku langsung baca manganya setelah nonton episode 1 karena dibuat gregetan dengan pikiran aku yang udah bisa nebak siapa pembunuh-nya. Setelah seharian baca, ternyata tebakan aku benar jika pelakunya adalah dia. Dan sampai akhir pun, aku tetap membaca manganya.

Nah.. karena udah tau jalan cerita manganya, di beberapa episode pertengahan sampai akhir aku dibuat sedikit kecewa dengan anime yang me-rush dan melewatkan beberapa halaman dari manganya.

Contohnya saat Kayo dibawa oleh neneknya. Di manganya itu, Kayo sempet balik lagi dan bermain bersama teman-temannya di markas rahasia mereka.
Terus saat sang heroine favorit, Airi, yang seharusnya bertemu dulu di rumah sakit dengan Satoru saat dia telah melompati waktu, dan kembali lagi ke masa depan setelah koma beberapa hari setelah tertabrak truk yang ada di episode 1, dilewati juga oleh animenya.

Satoru juga sempat kembali lagi ke masa depan saat dia hampir ditangkap oleh para polisi dan dicurigai sebagai pembunuh ibunya, ini juga dilewat.

Dan semakin kesini, halaman dari kisah-kisah penting dimanga seolah dilewatkan dan dianggap tidak terlalu penting oleh pihak animenya. Menurut aku itu sayang sekali..

Masa lalu dari sang guru yang ternyata tersangka utama dari anime ini juga tidak diceritakan. Padahal itu cerita yang sangat penting, karena kita dibuat tahu kenapa si Yashiro sampai psycho begitu.
Terus yang bikin aku sangat kecewa adalah di episode 11 minggu kemarin, Airi lagi-lagi gak dikasih jatah buat tampil di anime ini. Padahal kan Airi juga termasuk heroine, seharusnya dia lebih banyak tampil. Tapi lagi-lagi pihak anime melewatkannya begitu saja (mungkin animenya team Kayo wkk). Jujur aja sebagai salah satu team Airi, aku kecewa..
Salah satu halaman yang dilewat dan tidak di animasikan

Bagi penonton animenya, jadi gini nih.. seharusnya saat Satoru di foto sama jurnalis yang ngendap-ngendap ditaman rumah sakit di episode 11 kemarin, yang menghancurkan kamera mereka itu Airi. Dan itu membuat ingatan Satoru yang hilang seperti diaduk-aduk saat melihat Airi.
Satoru sampe bangun dari kursi rodanya.
Gak lama kemudian si Satoru pingsan, dan kembali koma selama 1 tahun lebih..

Setelah bangun dari komanya, Satoru ngebet banget pengen ketemu Airi. Tapi di anime, dia malah dipertemukan dengan si Yashiro. Gemes banget!
He's realize that Airi is important for him!!

Pokoknya, peranan Airi sebagai heroine dan love interest Satoru selalu di pangkas habis oleh animenya. Bener-bener kecewa..
Bagian terakhir dari ingatan Satoru yang hilang akhirnya ketemu. Dan bagian itu adalah Airi.
Airi juga berperan penting untuk kasus ini karena telah memberi hint untuk Satoru.

Kenapa aku sampai suka dengan Airi, karena Airi adalah type cewek yang lebih sering membantu daripada dibantu *cough* gak kaya heroine yang satunya lagi *cough*. Airi ini tulus dan sering banget ngebantu Satoru. Saat Satoru jadi buronan, Airi yang sediain tempat buat dia. Saat gak ada satu orangpun yang percaya sama Satoru, Airi satu-satunya orang yang percaya. Saat dia hampir kebakar karena rumahnya dibakar Yashiro, bukannya nyalahin Satoru, dia malah ngasih hpnya agar Satoru gak dicurigai sebagai tersangka. Dia bela-belain kabur dari rumah sakit buat ketemu Satoru padahal kakinya masih diperban. Udah gitu dia bener-bener nyesel karena gak hati-hati, saat Satoru tertangkap polisi. Kurang keren gimana coba Airi ini??
Gak kesel gimana coba saat tau jatahnya banyak dipotong?!

Ending saat Satoru finally menangkap si culprit alias Yashiro, gurunya sendiri juga dibuat berbeda. Kalau dimanga, Satoru mengobrol dengan si Yashiro itu diatas jembatan. Dan terjadi percakapan panjang sampai akhirnya si Yashiro ingin mengakhiri semuanya dengan cara membunuh Satoru dan membunuh dirinya sendiri. Tapi karena Satoru berpikir cepat, akhirnya dia bisa mendorong Yashiro untuk jatuh dari jembatan yang sudah terbakar. Untungnya Kenya dkk sudah menunggu dan mereka berdua selamat.
Yashiro yang mengaku jika selama ini dunianya gelap, setelah ditolong oleh Satoru akhirnya dia bisa melihat lagi dunianya. Bahkan dia berkata jika kembang api yang meledak dilangit saat itu indah sekali.
Tapi kalau di anime, mereka berdua mengobrol diatap rumah sakit, masih dengan percakapan panjang, tapi entah kenapa percakapan-nya aneh. Kesannya jadi homo karena si Yashiro bilang I can't live without you. That's why I've been waiting for 15 years, Satoru. Emmm... percakapan yang aneh dan membingungkan sekali. Dan pastinya melenceng jauh dari percakapan di manga.

Selain Airi, karakter fav aku si Kenya, jatahnya ikut dipotong. Padahal dia sangat membantu sekali memecahkan kasus Satoru dan Yashiro ini. Di anime cuma diliatin sekilas aja, jadi karakternya gak terlalu ngebantu gitu. Padahal si Kenya frsutasi banget liat kasus temennya yang terbengkalai dan juga liat temennya koma selama belasan tahun.

Dan setelah nonton episode terakhirnya pagi ini, meskipun dibuat beberapa kali kecewa untungnya ending dari animenya sama dengan ending dari manganya. Yaitu.. Satoru ketemu lagi dengan Airi. *bakar mercon*

Inilah detik-detik om Satoru ketemu sama de Airi versi manganya..

Aku sengaja ambil banyak dari manga, karena kebanyakan fans BDGIM kan nonton animenya bukan manga readers. Jadi, aku pengen penonton animenya tau juga cerita manganya. Karena manganya lebih greget.

Setelah ngeship mereka dari awal.. akhirnya, my ship has sailed!!

Yaaaah.. Aku ngerti kalau bikin 8 volume manga menjadi 12 episode itu sangat sulit dan memang beberapa halaman harus jadi korban. Jadi aku gak begitu mempermasalahkan, cuman sedikit kecewa aja. Selain karena banyaknya cerita manga yang dipotong, animenya juga seolah ngasih kita spoiler, siapa si pembunuh berantai itu. Liat aja di openingnya, dan diliat dari siluet si pembunuhnya juga kita pasti udah tau siapa identitasnya.

Tapi terlepas itu semua, aku puas kok dengan seri ini. Opening dan Ending songnya enak banget! Karakternya pada kece, apalagi maminya Satoru duh! Mother of year! Seiyuu-nya pas sekali. Bahkan seiyuu Satoru saat anak-anak dan dewasa benar-benar memiliki dialek dan suara yang mirip. Seolah jika mereka itu adalah suara dari 1 orang di usia yang beda. Hebat deh! Denger-denger juga seiyuu Satoru ver dewasa ini bukan pro-seiyuu lho. Katanya mas Shinnosuke Mitsushima ini adalah aktor.
Cakep juga ya?

Anime ini sangat aku recommended sekali untuk kalian yang lagi cari anime misteri.
I'm satisfied anyway..


Terimakasih..

Gambar manganya diambil dari My Manga Online

14 komentar:

  1. Minnn kita sependapat tentang Endingnya BDGIM. Saya sebenarnya cukup kecewa dan kenapa yang admin bilang di blog ini malah tidak di ceritain di dalam animenya :'(. Saya berharap ada OVA nya biar jelas peranan Airi & Kenya dalam menyusut tuntas kasus di masa lalu nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rachmat Hidayat Wah, alhamdulilah nemu temen juga :')
      Iya aku juga berharap ada OVA nya, karakter sekeren mereka sayang banget kalo di sia-siakan. Kebanyakan review juga katanya kecewa dengan endingnya, tapi aku rasa mereka lebih kecewa dengan ending si Kayo nikah ama orang lain deh :v
      Terimakasih sudah berkomentar ~
      maafkan balasnya lama banget ya

      Hapus
    2. Ini sih nyata banget, sebenarnya gw juga kecewa ma ending nya karna rada ga biasa lah ending nya istilah sengaja biar airi bisa sama sama ama si satoru, beneran kecewa loh :')

      Hapus
  2. Min aku mau tanya pada saat foto (minum sake kumpul dengan teman" SD, siapa yang datang terlambat ?, siapakah dia seingatku cuma 2 karakter cewe di eps" anime ini)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 3 bro temen cwenya waktu sd 1 nya yg duduk satu bangku sama satorunya,

      Hapus
    2. Aya,cewe yang jadi target Yashiro yang ketiga

      Hapus
  3. Kak, kalo boleh tau, manganya kaka baca di mana y? Yg english juga boleh. Hehe. Makasih.

    BalasHapus
  4. Rata2 manga itu lebih bagus karena langsung dari creatornya. (Banyak contohnya)
    Btw ak gak perduli keluhan org lain karena ak cuma liat dari sisi positive :)))
    So im sorry. Dan juga ak tetap menghargai pendapatmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang manga itu lebih lengkap karena anime biasanya adaptasi dari manga

      Hapus
  5. Ending yg tidak memuaskan

    BalasHapus
  6. Padahal w pas nonton pertama ngeship Ama Airi tapi setelah lihat kehidupan si Kayo jadi tukar jalur pas lihat endingnya w kecewa kirain MC ngampas sendiri soalnya gk ketemu ketemu Ama Airi berharap ada ova nya ya tentang eps yg kurang lengkap

    BalasHapus
  7. Emang anime ini alur nya keren terus rating nya juga tinggi tapi sayangnya ya kaya kata mimin, banyak spoiler dari awal aja udah ketebak kalo guru nya yg jadi pembunuh

    BalasHapus
  8. greget sih aku pas tau si kayo dah nikah sama hiromi + punya anak, dan pas lihat ekspresi terkejutnya satoru aduh, apalagi mengingat perjuangannya satoru nyelamatin koyo sampai emaknya keluar darah..., kemudian penasaran sama hubungan satoru x airi mengingat eps awal kayaknya satoru belum punya rasa sama airi, dan lagi airi kan cewek sma berusia 17 tahun dan lagi kejadian pembunuhannya kan terjadi 18 tahun yang lalu, yang berarti harusnya airi belum lahir saat itu, pasti akan sulit hubungan mereka akan terjadi, soalnya mungkin satoru menganggap airi kayak adik perempuan atau bahkah anak perempuannya....

    BalasHapus
  9. Rada kurang ngerti juga dieps akhir maksud dari si guru itu apa, g bisa hidup tanpa kamu itu maksudnya apa, dan ternyata itu hasil dari studio nya:v bukan bener bener terjadi dimanga, dan aku juga berharap airi dateng soalnya masih bingung sebenernya airi itu siapa, g nyangka ternyata heroin ku kira tokoh nya ada dimasa lalu wkwk, juga kaget pas si kayo dateng dateng bawa anak, tapi yah mau gimana lagi, si satoru kan koma, yah alur cerita nya bagus, dari awal dh nebak siapa pembunuhnya dari penampilan wkwk, soalnya bingung milih siapa.

    BalasHapus