Februari 04, 2016

Gintama

   
Cr. My Anime List

Yaah.. Akhir-akhir ini banyak banget berita dan artikel tentang Gintama yang lagi nayangin arc serius yaitu Shogun Assassination dan langsung dilanjut dengan arc Farewell Shinsengumi. Sedih, padahal aku pengen liat arc Love Potion maklum Tsukuyo x Gintoki shipper.

Setelah ada kabar kalau anime Gintama akan dilanjut, banyak sekali temen aku yang minta Gintama dari episode awal (yang episode spesial ituloh). Tapi... Kebanyakan dari mereka langsung drop, katanya gak bisa ngejar karena episodenya udah terlalu banyak (265 episode). Ada juga yang gak tahan dengan kegak-jelasan, kevulgaran komedinya dan kejorokan animenya wkk. Dan akhirnya mereka memilih untuk langsung menonton Gintama 2015. Aku pribadi sih gak terlalu suka nonton episode yang loncat-loncat kaya gitu, tapi ya itu tergantung seleranya sih.
                       
Okita & Shinpachi (tanpa kacamata)

Aku mulai mengikuti anime Gintama kurang lebih 2 tahun yang sekitar tahun 2014. Animenya sendiri mulai tayang tahun 2006. Haha, telat banget ya aku nontonnya? Di adaptasi dari manga yang terbit tahun 2003, yang dibuat dan digambar sendiri oleh Hideaki Sorachi, atau Gorila-sensei.

Kalau manganya sendiri aku baru baca pas ada kabar kalau anime Gintama bakalan dilanjut lagi, dan mulai baca pas bagian Arc Soul Switch yang sudah di animasikan dalam Gintama 2015.

Madao
Percaya gak kalo om-om madesu ini seiyuu nya sama dengan seiyuu Akainu OP?

Cerita Gintama sendiri tergolong simple menurutku. Inti ceritanya ya menceritakan tentang seorang samurai pengangguran yang bawa pedang kayu, karena pedang biasa dilarang pada jaman Edo yang sudah dikuasi oleh Amanto (semacem alien lah).

Jadi Sakata Gintoki si samurai berambut keriting acak-acakan yang suka ngupil dan madesu ini mulai kerja serabutan, mengerjakan pekerjaan apa saja yang disuruh orang. Dia mendirikan Yorozuya bersama dua bocah, yang satu loli beringas dan kuat bernama Kagura dan satu lagi kacamata bertubuh manusia bernama Shimura Shinpachi.

Simple kan? Tapi dari kesimpelannya itu biasanya keluar hal-hal ajaib yang bisa bikin gemes, geli, ketawa bahkan sampe nangis tersedu-sedu. Karena Gintoki selalu dapet pekerjaan yang aneh-aneh, dari mulai pekerjaan yang gampang, sampai yang paling sulit dan berbahaya.  Nah biasanya kisahnya itu berawal dari pekerjaan yang aneh-aneh itu.

jaman Edo di Gintama yang mulai dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi dan pesawat / kendaraan canggih lainnya.

Karakter di Gintama sendiri menurutku semuanya unik dan keren, kecuali Otsu (aku gak suka sama dia).

Mulai dari karakter utama trio Yorozuya yang idiot dan kocak. Satu-satunya karakter yang sedikit lurus sih cuma si Shinpachi. Dia juga berperan sebagai orang waras di Gintama, meskipun sekali-kali dia juga sama idiotnya. Lalu Kagura, si loli lucu yang lambat laut sifatnya ketuleran Gintoki dan jadi loli belagu, idiot dan kocak. Gintoki sendiri meskipun dia bengkok dan cuek abis, kadang-kadang dia bisa jadi bijaksana dan nyeramahin orang-orang dengan kata-katanya yang memotivasi banget. Meskipun anime Gintama mengandung 70% komedi, tapi jangan lupakan action dan feels nya juga. Beberapa kali aku dibuat nangis sampai ngefeels berhari-hari.


Hero kita, kalo kata si Otose -san mah Samurai Tenpa (keriting)

Oh ya, karakter lainnya juga gak kalah unik dan kerennya lho. Ada pasukan polisi khusus bernama Shinsengumi dengan komandan seorang gorila mesum bernama Kondo Isao. Wakil komandan iblis yang dikenal ketat, disiplin, perokok dan penggila mayo bernama Hijikata Toshiro. Kapten divisi 1 Okita Sougo *HE’S MINE!!* yang berwajah shouta dengan kepribadian sadis tulen.

Selain S tulen, Okita ini sangat memusuhi Hijikata (tonton arc Okita Mitsuba) dan juga saingannya Kagura *OkiKagu shipper!!*. Okita juga terkenal sebagai samurai terkuat dan terpintar di Shinsengumi.

Okita Sougo

Aku gak tau siapa kapten divisi 2 wkk. Tapi aku tau kapten divisi 3. Kaptennya bernama Saito Shimaru, yang dikenal dengan Afro Samurai. Dia gak banyak ngomong dan sering berantem ama Elizabeth ngeributin karakter yang gak bisa ngomong. Si Saito juga saingan sama Katsura yaitu pemilik resmi dari Elizabeth. Ada Yamazaki yang menjabat sebagai seorang mata-mata dan selalu bawa raket buat senjatanya, dia ini karakter parodi dari anime Prince of Tennis.

Anggota lainnya aku kurang tau, paling ada 3 karakter Shinsengumi yang sering nongol tapi aku gak begitu hapal namanya. Yang 1 bernama Sasaki Tetsunosuke, adik dari komandan Mimawarigumi yaitu Sasaki Isaburo. Tetsunosuke ini awalnya terlihat berandalan dan sering rap-rap gak jelas gitu. 


Ternyata, dibalik kacamata hitam dan sifat amburadulnya, dia itu punya wajah yang kawaii, dan sering dipanggil dengan sebutan Cherry Boy. Itu sebabnya dia bersifat amburadul karena gak mau di panggil Cherry Boy.
kawaii kan? matanya khas manga shoujo banget

Sisanya yang berdua itu aku lupa namanya. Mereka berdua bawahannya Okita di divisi 1. Yang satu itu suka sekali dengan kebersihan (tonton episode Toilet Shinsengumi) dan satu lagi keluar pas arc Rokkaku.


Dan saingan dari Shinsengumi adalah pasukan polisi khusus Mimawarigumi yang dipimpin oleh Sasaki Isaburo dan wakil komandan cewek super baddass penyuka donat, Imai Nobume. Bedanya? Yang satu bekerja pada Shigeshige dan satu lagi bekerja pada Nobunobu. Perbedaan dari fisik ya paling warna seragamnya aja yang beda. Yang satu item, yang satunya lagi putih.

Nobume dan Okita

Kalau dari pasukan Joui lama, ada Gintoki. Takasugi Shinsuke pemimpin Kiheitai saingannya Gintoki. Katsura Kotarou karakter paling idiot dan bengkok sepanjang masa. Zura ini adalah temen Gintoki yang pernah belajar di guru yang sama bareng Takasugi. Dia juga pemimpin pasukan Joui baru, sekaligus seorang buronan dan musuh dari Shinsengumi. Yang terakhir ada Sakamoto Tatsuma, pemimpin dari Kaientai yang ngakunya suka banget dengan pesawat tapi selalu muntah. Sifat idiotnya gak jauh beda ama si Katsura. Dan kalimat andalannya adalah.. "AHAHAHAHAHAHAHAHAHA!"


Zura janai, Katsura da!
Seiyuu nya Zura itu Akira Ishida yang juga menjadi seiyuu dari Gaara. Siap-siap aja nganggep kalo Gaara sama idiotnya dengan Zura karena seiyuu nya samaan wkk

F4 Joui
dari kiri ke kanan : Zura, Sakamoto, Gintoki dan Takasugi

Gintoki & Takasugi (dibelakangnya ada si Zura)

 Gintoki & Sakamoto

Aku gak bisa nyebutin satu-satu karakternya tapi intinya, karakter di Gintama awesome semua! Serius deh, bahkan maskot semacem Elizabeth dan Sadaharu gak kalah kerennya. Karakter di Gintama gak ada yang normal, semuanya bengkok dan gak pernah bener jalan pikirannya.

Contohnya, ada ninja masochist dan ada ninja wasir yang suka sekali dengan cewek jelek, ada malaikat maut yang berasal dari daerah prostitusi Yoshiwara yang super cantik dan tsundere, ada kakaknya Shinpachi yang super kasar dan beringas, ada karakter yang bingung sebenernya dia karakter yuri atau bukan, ada karakter om-om madesu, kucing pencuri, robot cantik, nenek-nenek baddass dan juga om-om yang suka bilang “aku akan menembakmu dihitungan ke 3” tapi baru itungan ke 1 dia udah nembak duluan wkk gak ada yang beres kan?

Hiken no Otae!!
*eh salah anime gomen ~

Karena aku seorang wanita dan suka dengan hal-hal berbau romantis. Menonton anime ini juga akhirnya membuaku menjadi shipper A dan shipper B.

Di Gintama ini banyak banget karakter yang aku jodohkan haha. Antara lain.. Gintoki x Tsukuyo, Okita x Kagura, Katsura x Ikumatsu, Sakamoto x Mutsu, Kondo x Otae *mewek korban arc Farewell Shinsengumi*

Gintoki x Tsukuyo

Dalam anime Gintama, setiap episodenya selalu diisi oleh cerita sendiri-sendiri / stand alone episode, dan juga arc episode yang dalam beberapa episode menceritakan satu cerita. Aku paling suka dengan arc episode. Karena biasanya di arc episode ini semuanya lebih dapet dan dibuat lebih serius, baik dari ceritanya, actionnya ataupun feelsnya.

Yang stand alone episode juga gak kalah bagusnya kok. Karena biasanya aku ketawa sampai nangis itu di stand alone episode karena komedinya bener-bener kelewatan. Pernah aku sama temen aku sampai ketawa guling-guling dan ngompol, saat nonton episode dimana Matsudaira bawa Shogun ke clubnya Otae. Disana si Shogun ini dikerjain habis-habisan. Gintoki dan Shinpachi yang tau itu Shogun awalnya gak berniat buat ikut ngerjain juga. Tapi tanpa mereka sadari, mereka juga ikut andil ngerjain Shogun sampai nangis wkk. Pokoknya episode yang ada Shigeshigenya pasti selalu sukses membuatku ngakak. Semacem swimming pool, barber arc dan juga vacation arc. Apalagi kalau si Zura udah muncul, siap-siap aja ngompol dan nangis lagi wkk.

Dan ini yang selalu bikin aku bingung. Padahal ceritanya bagus, komedinya dapet banget (meskipun memang sedikit vulgar dan jorok), actionnya keren, karakternya awesome, kok bisa ya temen-temen aku sampe gak suka? Padahal, dulu pertama kali nonton aku langsung suka sama Gintama meskipun aku awam anime kecuali Naruto. Balik lagi, mungkin tergantung selera kali ya.

Sachan, Kyubei & Tsukuyo
Setelah mereka menghapus semua episode yang aku kasih, gak lama kemudian mereka mulai minta lagi setiap episode Gintama setelah Gintama heboh menayangkan arc ShoAss. Dan mereka mulai sering nanya-nanya tentang karakter-karakter asing yang keluar *kick satu-satu*.

Eh polisi seragam putih tuh siapa?

Bedanya Amanto sama Harusame apaan?

Bedanya Kiheitai sama Kaientai itu apa?

Nobunobu siapa? Shigeshige siapa?

*glare* KENAPA JUGA GAK NONTON DARI AWAL?! *kick lagi*

Kagura & Okita

Kan udah aku bilang, mending nonton dari awal. Eh.. merekanya yang ngeyel dan milih buat nonton langsung yang season 3. Otomatis mereka jadi pusing dan bingung sendiri kan? Dan akhirnya kepala Boa Hancock juga ikut pusing *dicekek Sanji*

Afro samurai / Saito Shimaru

Saran aku nih, sebagai sesama penonton Gintama biar nontonnya enak dan gak pusing-pusing lagi, mending nonton aja dari awal, sekalian tonton juga dua filmnya. Apalagi film yang ke dua itu duh pasti sukses buat kalian ngefeels haha.

Kalo misalkan terlalu susah ngejar dan gak suka stand alone episode yang menurut kalian gak jelas, yaudah, mending kalian nonton arc episodenya aja. Soalnya di setiap arc episode pasti selalu ngenalin karakter-karakter penting yang selalu nongol di Gintama.

Gintoki versi cakep!! *mimisan sambil muntah pelangi*

Kalau kalian pengen nonton yang banyak actionnya, kalian bisa nonton arc Benizakura, Umibozu, Fuyo, Okita Mitsuba, Shinsengumi Crisis, Yoshiwara in Flames, Guardian Dog, Red Spider, Rokkaku, Kabukicho Four Devas, Renho, Baragaki, Courtesan of a Nation, Kintama, School of Beam Saber dll.

Gintoki ngamuk.
Minna!! Run for your life!!!!

Kalau kalian pengen yang banyak komedinya, kalian bisa nonton arc Memory Loss, Infant Strife (Gintoki punya anak), Mother, Host Club (afronya itulho), Yagyu (pas ditoilet parah), Hardboiled Detective, Popularity Contest (Kondo, stop!), Ryugujo (Zura janai, ka.... cuih), Owee, Monkey Hunter (Gintokinya kawaii), Correspondence, Kintaro, Ghost Ryokan, Shinsengumi Death Game, Otsu (arc nya seru tapi tidak untuk Otsunya), Tama Quest, Kabukicho Stray Cat (berubah jadi kucing), Santa, 2 Years Later (yang ini duh parah wkk), Glasses, Jugem (nama monyetnya panjang bener), Prison, Love Choriss, Scandal (yang ini juga parah), dan arc khusus Shigeshige yaitu Barber dan Vacation (ada Zura dan Shinsengumi tambah parah) yang sukses bikin perut sakit karena ketawa.
  
Papan ski manusia dengan rem ot*ng

Komedi dari stand alone episode juga gak kalah kocaknya karena selalu banyak parodi-parodi dari anime atau manga lain. Aku suka episode waktu Kagura gak bisa tidur dan gangguin Gintoki, saat Yamazaki menjadi mata-mata dan masuk pasukan Jouinya Katsura, saat Katsura dipenjara dan berusaha untuk kabur, saat pemandian air panas ada Shinsengumi dan keluarga Hedoro yang seorang Amanto berwajah serem. Dan setiap episode yang diisi oleh Zura, Shigeshige, Hijikata x Gintoki, dan Kagura x Okita, sebagai karakter utamanya. Kocak kalau ada mereka, kalau disatuin udah deh kelar idup lu.

Shinpachi, Gintoki, Hijikata & Okita bersama keluarga Amanto Hedoro

Zurako & Pako

Denger-denger sih tahun kemaren Sorachi-sensei bilang jika manga Gintama bakalan tamat tahun depan (berarti tahun ini dong ya?) 

APAAAAA?!!

Meskipun Gintama penuh dengan troll, tapi kalo diliat-liat sih mungkin aja bener kalo bakalan tamat tahun ini *meskipun tetep gak rela*.

Soalnya, identitas musuh utama atau mungkin musuh terakhir udah dikasih tau. Takasugi yang lagi koma juga udah bangun. Zura yang sempet ngilang di ShoAss arc muncul, begitu juga Sakamoto yang membuat F4 Joui reuni kembali meskipun minus Kurokono Tasuke wkk.

Tapi kita tunggu aja sampai rambut Sugitan (seiyuu Gintoki) botak. Kan kata Sorachi-sensei Gintama bakal tamat kalo palanya Sugitan udah botak haha. Kalaupun memang tamat, aku pengen liat ending yang bahagia *yaiyalah pasti*. Aku pengen Zura nikah sama Ikumatsu. Gintoki deketan sama si Tsuki, Shinsengumi balik lagi ke Edo, Takasugi pergi dari Edo dan menjelajah dunia semacem Sakamoto. Dan juga keinginan terbesar Gintoki yaitu berambut lurus dan rapih karena dia bosen dan gak suka sama rambut keriting gelombang acak-acakan macem bola kusut dan bulu kucing liar miliknya wkk

Gintoki-rap gak kalah hebat dari Katsura-rap wkk

Yah.. Pokoknya aku cuma ngasih saran aja sih buat penonton Gintama 2015 biar gak pusing dan bingung lagi. Tapi kalo memang kalian bisa nonton tanpa merasa bingung ya silahkan aja kalian langsung nonton Gintama 2015. Yang penting sih kalian bisa enjoy nontonnya..^^

Gintama saikyou!! Japan animation Saikyou!! Detective Conan Saikyou!!

Terimaksih ~

2 komentar:

  1. Artikelnya membuat saya senyum2 sendiri
    Dua jempol buat penulisnya ^.^

    BalasHapus
  2. Halooo dari 2020 :)

    BalasHapus